TEWAS NYA JENDRAL JENDRAL BELANDA


Perang Aceh-Nias vs Belanda adalah orang kolonial teroanyang dan terbesar di nusantara dengan jumlah kerugian yg sangat besar bagi Belanda baik personil nya mau pun secara materi.setelah Belanda berhasil merebut masjid Raya.panglima bala tentara Belanda Jendral kohler Tewas kena oeluru pasukan Aceh mareka di pukul mundur dengan menderita kekalahan berat.tiga hari setelah kohler tewas Belanda mengundurkan diri dan neninggalkan aceh kabur ke batavia pada tanggal 29 april 1873.

kemudian dalam bulan November tahun itu juga Belanda jembali mencoba menakluk kan Aceh kali ini di pimpin oleh jendral Tuan  Van Sweiten.ia berangkat dari den hag tgl 16 juli 1873 dan sampai di batavia pada tanggal 24 agus 1873.khusus untuk memimpin pasukan Belanda dalam mara ke Aceh ia di bantu oleh mayjen GM verspijcj dengan mendarat oasukan nya di kampu leu u dekat kuala gigieng.mulai lah agresi Belanda jedua terhadap Aceh pd tgl 9 desember 1873.

angkatan Belanda dlm agresi kefua ini diperkuat oleh 8277 orang terdiri dari 289 opsir dan 7888 bawahan..ikut pula 16 orang sipil.3565 narapida (simeurante).kuli beserta mandor nya dan 243 orang perempuan sebagai budak sex temoat melampisankan nafsu syahwat para opsir.jumlah keseluruhan nya mencapai 12 101 jiwa.

208 opsir eropa dari infantri.25 opsir bumi putra 6354 bawaha  dengan rincian 3125 orang eropa.230 orang afrika.460 orang ambon dan 2539 bumi putra tdk termasuk ambon.legiun mangku negoro yg terdiri dari seorang opsir belanda bertindak sebagai instruktur.lima opsir bumi putra enam.orang bawahan eropa dan 120 bawahan bumi putra.serta legiun paku Alam yg terdiri dari empat orang opsir termasuk seorang instruktur eropa(kielstra)

di markas besar penyerang ini di perbantu okeh kapten legiun mangku negoro yaitu pangeran aryo gondo sisworo dan letnan paku alam raden mas panji pakuning prang.

Belanda harus membayar mahal tindakan nya menyerang Aceh.selain mayjen Kohler tewas.juga menewaskan beberapa jendral lain nya.

mayjen JLJH PEL. dia penguasa sipil dan militet daerah Aceh yg pertama (1874_76).petnah ikut dlm pendaratan kedua di bawah oimpinan Van sweiten.pada taggal 24 februari 1876 Pel tewas dalam sebuah serang ke Tunggay.menurut pihak Belanda tewas nya Pel di sebab kan pecah urat nadi.namun sebaliknya dari sumber aceh mengatakan PEL tewas kena sabetan klewang di urat nadi nya.dia di makam kan diperkuburan peucut.

mayjen JKK de moulin.ia menjabat sebagai gubernur sipil dan militet daerah aceh mennganti kan gubernur sebelum nya.ia tiba di aceh od tanggal 5 juli 1896.dan dua hari kemudian tatkala menyerang basis perjuangan Aceh di krung raba lhok nga.dia tewas di tengah perjalan.sebab kematiannya menurut fihak Belanda krn sengatan matahari.sebuah kematian yg sangat aneh dan tdk masuk akal bagi seorang gubernur militier berpangkat mayjen.

tiga jendral nya mat dan puluhan perwira nya teaws di ujing rencong pasukan Aceh.mareka semua di kuburkan di pemakaman khusus di kerkoff peucut sebagai bukti betapa angker nya perang yg dihadapi Belanda di Aceh.(foto mayjen pel yg mati krn putus urat nadi dan de moulin yg mati krn disengat mata harri)

Comments

Popular Posts